Sabtu, 03 November 2012

Ingin Menunaikan Ibadah Haji....

Bismillahirrahmanirrahim..
Pelajaran yang menarik dari khutbah jum'at 2 November 2012 di Masjid Shirathal Mustaqim dengan khatib Ust Darwis Abu Ubaidah yang membahas tentang keutamaan ibadah haji. Sekilas hikmah yang terkandung di dalamnya:
Haji mempunyai keistimewaan yang luar biasa. Karena Allah sendiri yang menyebutnya bahwa orang yang menjalankan ibadah haji & umroh adalah TAMU Allah. Coba kita ibaratkan jika kita orang biasa mendapat kesempatan diundang menjadi tamu presiden atau gubernur. Alangkah senangnya kita. Apalagi ini tamu Allah, sang maha segalanya. 
Menjadi tamu presiden atau gubernur masih ada perlakuan berbeda. Jika kita rakyat biasa pasti akan diberlakukan berbeda dengan pengusaha, pejabat atau artis. Tapi jika menjadi tamu Allah kita semua sama kedudukannya. Semua orang harus pakai pakaian ihram. Tawaf kita tujuh kali, walaupun presiden, jendral, orang kaya raya dll tawafnya tidak ada yang dikurangi jadi lima kali. Itulah istimewanya tamu Allah.
Di akhir khutbah singkatnya khatib memberikan cara agar kita bisa mewujudkan keinginan menjalankan ibadah haji. yaitu:
Pertama: Tanamkan niat yang kuat dalam diri kita. Yakin bahwa Allah yang mengatur semua tamu-tamunya. Tahun ini ada yang berangkat haji usia 70 tahun, bahkan yang tertua jamaah haji indonesia mencapai usia 104tahun. Subhanallah.. Tapi yang masih muda usia 15 tahun juga ada yang berangkat haji.
Kedua: Tunjukkan niat kita dengan bukti yang riil. Misalnya buka tabungan haji di bank-bank syariah. Seratus ribu atau lebih kita buka rekening cukuplah untuk mewujudkan niat kita tersebut. Ibadah haji selain butuh  fisik kuat & sehat,  kita akui bersama juga butuh biaya yang tidak murah. Untuk mendapatkan porsi haji saja kita harus memiliki uang 25 - 30 juta. Itupun masih harus antri 7 - 11 tahun. Namun sekali lagi bahwa haji adalah tamu Allah, Allah yang mengatur segalanya. Bisa saja sopir atau pembantu rumah tangga berangkat haji. Ada kisah seorang pengusaha kaya berangkat haji bersama rombongannya sejumlah 14 orang dan diantaranya 2 orang adalah pembantu rumah tangga. Maka gak usah dipikirkan setelah kita wujudkan niat Allah yang mengatur segalanya.
Ketiga : Berdoa memohon kepada Allah. Yakinlah Allah yang mengatur jalan rejeki kita. Allah Maha kaya, Allah Maha Berkehendak. Apapun bisa terjadi atas izin Allah. 
Demikian sekilas ulasan singkat khutbah jumat kemarin. Semoga Allah memudahkan kita untuk bisa menjalankan ibadah haji, Amiin.....

Abusyauqi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar